Tamansari Yogyakarta, Wisata Air Keraton Yogyakarta – dassammelsurium.wordpress.com

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki segudang wisata baik wisata alam, sejarah, hingga wisata buatan. Wisata alam di kota Jogja sudah menjadi rahasia umum yang sangat sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi kota ini. Namun kebanyakan wisata alam jaraknyaagak  jauh dari kota Jogja. Wisata di kota Jogja juga tak kalah menarik. Jika anda bisa melihatnya, ada banyak wisata di kota Jogja yang bisa anda kunjungi jika tidak ingin melakukan perjalanan jauh ke tempat-tempat wisata alam di Jogja. Seperti misalnya wisata keraton Jogja. Salah satu wisata keratin yang paling banyak didatangi wisatawan adalah Tamansari Yogyakarta. Istana air di Yogyakarta hanya 15 menit jaraknya dari Keraton Ngayogyakarta. Tamansari ini dulunya adalah tempat yang digunakan untuk keluarga kerajaan rekreasi yang merangkap sebagai benteng pertahanan. Tamansari dibangun sejak 1758-1765 oleh Sultan Hamengku Buwono I. Saat ini, Tamansari dijadikan tempat wisata yang sangat menarik di Yogyakarta.

8.14

Istana air Tamansari di Yogyakarta ini dulunya berada di lahan seluas 10 hektar dan memiliki 57 bangunan. Tamansari ini memiliki beberapa titik wisata yakni kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, lorong bawah tanah, beberapa gedung dengan arsitektur Eropa, Jawa, China, Hindu, Budha serta islam. Namun saat ini luasnya sudah berkurang drastic dikarenakan kompleks wisata ini banyak digunakan sebagai pemukiman penduduk. Bahkan untuk mengunjungi beberapa spot yang ada di Tamansari harus melewati rumah penduduk. Hal ini dikarenakan banyak rumah penduduk yang sudah melebar hingga masuk ke tempat wisata.

Tempat menarik yang bisa dilihat di pintu masuk Tamansari adalah istana air seperti kolam yang mana airnya berwarna kebiru-biruan. Tempat ini menjadi spot favorit untuk melakukan foto. Bagi wisatawan yang datang ke Tamansari, maka spot ini tidak akan dilewatkan untuk diabadikan di kamera masing-masing. Selanjutnya ada bangunan-bangunan yang biasa digunakan untuk istirahat, dapur dan bangunan lainnya yang memiliki cerita masing-masing. Untuk lebih serunya, wisatawan bisa menuju lorong bawah tanah yang kemudian bisa menuju ke kubah. Disana anda akan merasakan hawa sejuk khas bangunan lama yang sangat menarik adalah banyak pintu-pintu pada dinding kubah yang mana pada tengah-tengahnya terdapat tangga yang mengerucut ke satu titik. Di tempat ini juga menjadi spot foto yang tak kalah menarik untuk anda. Tamansari Amarta Yogyakarta ini bisa dijadikan salah satu wisata sejarah yang juga menarik bagi anda yang suka fotografi. Jika datang ke tempat ini, usahakan untuk menyewa tour guide sehingga anda tidak tersesat dan juga bisa mengunjungi semua spot-spot menarik yang ada di Tamansari. Hal ini dikarenakan lokasi wisata yang dekat dengan pemukiman penduduk sehingga agak susah ditemukan. Buat kalian yang ingin mencari tiket pesawat ke yogyakarta , bisa coba cek di www.airpaz.com , terakhir kali beli disana tiketnya murah dan promonya pun sangat memuaskan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s